Cara Cek Bantuan UMKM

Sebagai pelaku usaha jika sudah mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan UMKM, maka kamu juga perlu tahu Cara Cek Bantuan UMKM tersebut.

Memang benar semenjak adanya virus covid-19 yang menyebar ke dalam negeri kita ini perekonomian masyarakat semakin sulit.

Tidak sedikit pula masyarakat yang mengeluhkan bahwasanya UMKM yang mereka jalankan terkena dampak besar dari pandemi ini.

Setelah mendengar keluh kesah dari masyarakat ini, pemerintah pun akhirnya mengusulkan untuk membuat program bantuan kepada mereka para pelaku usaha mikro.

Dengan harapan agar masyarakat di seluruh Indonesia yang mempunyai usaha dapat bangkit kembali dan menjalankan usahanya.

Karena tidak sedikit pula dari mereka yang mengaku bahwa usaha yang dijalankan harus mengalami gulung tikar akibat pandemi ini.

Pasalnya pendapatan yang mereka dapatkan sangat menurun dibandingkan sebelum adanya pandemi, sehingga mau tidak mau harus menutup usahanya tersebut.

Program ini pun sebenarnya sudah diadakan dari periode sebelumnya dan terus berlanjut hingga sekarang ini.

Untuk itu apabila kamu telah mendaftarkan diri pada program bantuan dari BPUM UMKM langkah selanjutnya cara mengecek bantuan UMKM bisa kamu lakukan.

Nah, pada kesempatan kali ini jadijawara.id akan memberikan informasi Cara Cek Bantuan UMKM yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

Bagi kamu yang merasa sudah mendaftarkan diri atau usahanya maka kami sangat menyarankan untuk menyimak baik-baik penjelasan dibawah.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan UMKM

Tentang Bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM

Sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa BPUM sendiri merupakan jenis dari bantuan UMKM yang akan diberikan pemerintah oleh pelaku usaha mikro.

Nantinya dana yang akan mereka salurkan kepada para pelaku usaha mikro yang terkena dampak dari wabah korona ini sebesar 1,2 juta rupiah.

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai penerima bantuan tentunya kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui daring.

Lalu data-data kamu tersebut akan diproses agar secepatnya bisa menerima bantuan dana untuk membantu usaha mikro, menengah, dan kecil yang dimiliki.

Berikut ini kami berikan informasi mengenai BPUM UMKM tahun 2021 yang dikutip dari akun resmi milik @KemenkopUKM.

  • Pelaku usaha mikro yang periode sebelumnya sudah mendapatkan bantuan UMKM ini diperbolehkan menerimanya lagi pada tahun 2021.
  • Bantuan BPUM yang akan kamu terima nantinya bukan pinjaman atau kredit bank melainkan dana pemberian atau hibah.
  • Jika pelaku usaha mikro memiliki domisili yang berbeda dengan UMKM yang sedang dijalankan wajib memberikan surat keterangan usaha (SKU)
  • Apabila pemilik usaha mikro tidak mempunyai rekening bank, maka nantinya pihak penyalur yang mencairkan akan membuatkan rekening tersebut.
  • Berdasarkan peraturan Menteri Koperasi dan UKM, yang nantinya berhak menerima bantuan UMKM ini adalah mereka yang susah diusulkan oleh lembaga pengusul.
  • Bagi ketua kelompok/pembina saat melakukan proses pengusulan dapat mengkoordinasikannya terlebih dahulu lalu kemudian menyampaikan hasilnya kepada lembaga pengusul.
  • Pihak yang nantinya akan menyalurkan dana BPUM ini yaitu Bank BUMN, BUMD, dan PT Pos Indonesia.

Nah, itulah informasi seputar BPUM UMKM 2021 yang sudah jadijawara.id rangkumkan berdasarkan akun resmi @KemenkopUKM untuk kamu.

Cara Cek Bantuan UMKM Online

Cara Daftar Bantuan UMKM

Karena dana bantuan BPUM UMKM tahun ini sudah dicairkan, kamu dapat langsung melihatnya melalui situs yang telah ditentukan.

Cara mengecek dana bantuan UMKM dari pemerintah tersebut adalah dengan mengunjungi situs resmi milik penyalur yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek dana bantuan UMKM ini secara online, maka kami akan memberikan informasi mengenai hal tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 2 alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengecek penerima dana bantuan tersebut yaitu melalui situs Bank BRI dan BNI.

Cek Penerima Bantuan UMKM Melalui Situs BRI

Ini merupakan cara pertama yang bisa kamu gunakan apabila ingin mengecek penerima dana bantuan BPUM UMKM 2021.

Dengan melakukan pengecekan secara online tentu saja akan lebih memudahkan kamu, sehingga tidak perlu lagi keluar rumah jika ingin mengeceknya.

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara cek bantuan UMKM secara online, simak uraian yang jadijawara.id berikan di bawah ini.

  • Mula-mula buka situs resmi bank BRI pada aplikasi “Browser” kamu.
  • Kemudian masukkan alamat URL mereka yaitu “https://eform.bri.co.id/bpum”
  • Jika sudah masuk ke dalam halaman utama, silahkan isi data yang kamu punya dengan memasukkan “Nomor KTP” dan tulis kode verifikasi di dalam kolom yang telah tersedia.
  • Setelah itu klik ikon “Proses Inquiry”
  • Nantinya layar akan memberikan informasi apabila kamu telah tercatat sebagai penerima bantuan UMKM 2021.
  • Lalu kamu bisa reservasi terlebih dahulu nomor antrian apabila ingin mencairkan dana tersebut.
  • Apabila sudah kamu akan diminta untuk mengisi data-data seperti NIK, alamat domisili dan sebagainya.
  • Dan “Isi kode verifikasi”
  • Kemudian layar akan menampilkan angka yang bisa kamu pakai sebagai nomor antrian.
  • Nah, nantinya kamu akan diminta untuk mengunjungi kantor cabang bank BRI seperti yang sudah di tentukan dalam jadwal.
  • Saat mengunjungi kantor silahkan bawa berkas yang diperlukan seperti “SPTJM, KTP serta kartu ATM”

Perlu kamu ketahui apabila jadwal yang sudah ditentukan terlewat, kamu perlu melakukan reservasi antrian ulang.

Cara lain yang bisa dilakukan apabila ingin mengecek dana bantuan BPUM UMKM adalah melalui situs resmi bank BNI.

Cek Penerima Bantuan UMKM Situs BNI

Dan langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengecek dana bantuan tersebut melalui situs adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi browser dan ketikkan alamat URL “https://banpresbpum.id/” pada kolom pencarian.
  • Jika sudah layar akan menampilkan halaman utama dari situs tersebut.
  • Langkah selanjutnya masukkan “Nomor Induk Kependudukan (NIK)” pada kolom yang tertera.
  • Kemudian klik tombol “Cari”
  • Apabila nantinya tercatat sebagai penerima bantuan, maka nama kamu akan muncul pada laman situs tersebut.

Jika terpilih menjadi salah satu penerima bantuan saat mengunjungi kantor cabang, kamu akan diminta untuk membawa berkas atau dokumen.

Dan jangan lupa untuk membawa berkas atau dokumen yang sama seperti dijelaskan pada pembahasan penerima bantuan melalui bank BRI.

Sekian informasi seputar Cara Cek Bantuan UMKM tahun 2021 yang dapat kami berikan, semoga nama kamu bisa terpilih sebagai salah satu penerimanya.